PARLEMEN PELAJAR 2023: FASILITASI PELAJAR BERSIMULASI MENJADI ANGGOTA PARLEMEN

Yogyakarta – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta bersama Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) kembali menyelenggarakan Parlemen Pelajar di Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis (10/8) di Ruang Rapat DPRD Kota Yogyakarta.

Parlemen Pelajar yang diikuti oleh 45 Pelajar dari perwakilan berbagai SMA/SMK Sederajat se-Kota Yogyakarta ini, bertujuan untuk mengenalkan fungsi, tugas dan wewenang parlemen kepada pelajar. Selain itu, para pelajar juga diajak untuk bersimulasi menjadi anggota parlemen dan diminta untuk melakukan pembahasan isu-isu yang dekat dengan pelajar. Pada gelombang pertama ini, isu yang diangkat adalah fenomena perundungan antar pelajar di lingkungan sekolah.

Parlemen Pelajar 2023 ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Widyastuti, dan Koordinator Umum KISP, Moch Edward Trias Pahlevi.

Luaran dari kegiatan ini adalah mengumpulan inventarisasi masalah dan rekomendasi kebijakan yang dirumuskan oleh para pelajar terhadap isu perundungan yang telah mereka bahas dalam simulasi persidangan tersebut.

420 Responses

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *