KISP HADIRI WEBINAR MENAKAR KINERJA TIMSEL PENYELENGGARA PEMILU DI DAERAH

Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) berkesempatan untuk terlibat dalam webinar yang diselenggarakan oleh Cerita Demokrasi (12/5/2022) yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting.

KISP dalam webinar ini diwakili oleh Azka Abdi Amrurobbi sebagai salah satu narasumber. Dalam kesempatannya, Ia menyampaikan terkait menakar kemungkinan adanya corak politik preferensi, yang menjadi tolak ukur Tim Seleksi dalam menetapkan Penyelenggara Pemilu di daerah, serta dampaknya terhadap independensi dan imparsialitas seseorang pengelenggara Pemilu.

Setidaknya ada beberapa catatan penting untuk rekrutmen Tim Seleksi dan rekrutmen Penyelenggara Pemilu di daerah, yaitu: (1) harus memastikan Tim Seleksi memiliki kualitas dan integritas; (2) Proses seleksi Tim Seleksi  dan anggota KPU Bawaslu  Daerah yang baik adalah harga mati; (3) Tim Seleksi juga harus mengutamakan agar tidak memihak kepada partai politik atau pejabat daerah; (4) Penggunaan Computer Assisted Test (CAT) dan beban kerja Tim Seleksi; (5) Keterwakilan perempuan dan inklusifitas bagi kelompok rentan di Tim Seleksi dan penyelenggara Pemilu Daerah; (6) Pemantauan oleh masyarakat.

Webinar ini juga dihadiri oleh narasumber lainnya yaitu Khoirunnisa Nur Agustyati selaku Direktur Perludem dan Krisna Rahman Rettob yang merupakan pegiat Cerita Demokrasi. Jalannya diskusi juga dimoderatori langsung oleh Anwar yang juga merupakan pegiat Cerita Demokrasi.

Tags: No tags

64 Responses

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *