KISP Adakan Diskusi Media, Paparkan Hasil Pantauan Pemilu 2024

Yogyakarta – Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) menerjunkan sekitar 80 orang pemantau ke sekitar 350 lebih tempat pemungutan suara (TPS) se- Daerah Istimewa Yogyakarta. Guna merangkum seluruh temuan dari hasil pemantauan di lapangan pada proses pemungutan dan penghitungan suara, KISP mengadakan Diskusi Media bertajuk “Rilis Pemantauan dan Survei Pemilih Pemilu 2024” pada Rabu (14/2) di Ndalem Hanoman Yogyakarta.

Manajer Pemantau Pemilu 2024 KISP, M Iqbal Khatami mengatakan bahwa di Hari H Pemungutan Suara, Pemantau KISP fokus mengamati potensi-potensi pelanggaran.

“Temuan dari teman-teman merupakan hasil amatan terhadap potensi-potensi pelanggaran, seperti kampanye baik berupa ajakan maupun APK yang masih terpasang, intimidasi, prosedur teknis pemungutan suara, hingga aksesibilitas TPS,” terang Iqbal.

Selain itu, menurutnya KISP juga melakukan survei ke 400 responden pemilih di DIY. “Kami juga menyebarkan kuisioner persepsi pemilih untuk menanyakan pengalaman mereka mencoblos di 2024. Tujuannya adalah untuk bahan evaluasi dan masukan pelaksanaan pemilu ke depan,” tutur Iqbal.

Adapun hasil rilis temuan dan survei KISP pada pemilu 2024 dapat diunduh melalui link berikut!

6 Responses

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *