KISP TURUT BERDUKA ATAS GUGURNYA PARA PAHLAWAN PEMILU


            Di tengah kompleksitas dan hiruk pikuk permasalahan teknis dalam konstelasi politik Pemilihan Umum 2019, ternyata meninggalkan duka yang mendalam. Pelaksanaan Pemilu yang seharusnya menjadi pesta demokrasi seluruh rakyat Indonesia berubah menjadi tragedi demokrasi. Baru-baru ini, kita dihebohkan oleh meninggalnya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Anggota Polri/TNI.

            Sampai hari ini (22/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menyebut sudah ada 90 Pahlawan Pemilu alias KPPS yang meninggal akibat kelelahan menjalankan tugas selama Pemilu berlangsung. Tidak cukup sampai disitu, saat ini ada sekitar 374 anggota KPPS yang jatuh sakit akibat kelelahan. Selain KPPS, Pemilu 2019 juga diwarnai duka atas meninggalnya 10 Anggota Polri akibat kelelahan, sakit, dan kecelakaan saat mengamankan jalannya Pemilu 2019.

            Atas kejadian ini, kami dari Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) turut berduka yang sedalam-dalamnya atas gugurnya pahlawan-pahlawan Pemilu yang telah berjuang sepenuh tenaga mengawal kelancaran dan keamaan selama Pemilu 2019. Kami juga berharap Pahlawan-pahlawan Pemilu yang telah meninggal maupun yang sedang sakit mendapat perhatian penuh dan intens dari KPU.

            Kami dari KISP berharap pasca pelaksanaan Pemilu kali ini ada evaluasi secara besar-besaran terhadap sistem pelaksanaan Pemilu. Serentaknya pelaksanaan Pemilu 2019 kali ini membuat kerja KPPS menjadi berlipat ganda bahkan tidak tidur selama beberapa hari akibat mengawal suara. Tidak heran, jika petugas KPPS jatuh sakit bahkan hingga meninggal. Harapannya, evaluasi secara besar-besaran ini sebagai bentuk mengembalikan marwah Pemilu sebagai ajang ‘benar-benar’ pesta demokrasi yang setiap warga Negara merayakan dengan penuh suka cita, jangan sampai justru kita melewatinya dengan duka cita kembali.

            Kami dari KISP juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mendoakan para pahlawan Pemilu yang telah gugur agar mendapat tempat yang paling layak di sisi-Nya dan mendoakan yang sedang sakit agar lekas diberi kesembuhan. Selain itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap mengawal dan mendoakan serta memberikan dukungan kepada seluruh pahlawan Pemilu yang saat ini masih berjuang mengawal Pemilu 2019 agar tetap diberi kelancaran dan kesehatan hingga Pemilu 2019 usai.

Follow and Visit Us
Share it
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM
GOOGLE

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.