Persepsi Pemilih Milenial Dalam Pemilu Serentak 20019 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Oleh: Moch Edward Trias Pahlevi, S.IP ; Wildhan Khalyubi, S.IP ; Muhammad Iqbal Khatami

Tulisan ini merupakan publikasi hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Komite Independen Sadar Pemilu yang dikonferensikan di acara Bawaslu Republik Indonesia dan dipublikasi dalam Jurnal Adhyasta Pemilu.

File bisa di download di bawah ini!

Abstrak

Pembahasan milenial menjadi trend di pemilu serentak 2019, istilah milenial kerap dijadikan sebagai program kegiatan dalam menarik simpati pemilih milenial baik penyelenggara pemilu maupun aktor politik. Penelitian ini meneliti Persepsi pemilih Milenial dalam pemilihan umum serentak 2019. Penelitian ini mengunakan metode
penelitian kuantitatif. Hasil temuan penelitian ini yaitu: (1) Generasi Milenial di DIY mengatakan sebagian besar mendapatkan informasi pemilu melalui media sosial, (2) Faktor yang mendasari pemilih milenial datang ke TPS menyadari pemilu sebagai sarana penting bagi demokrasi, (3) Pemilih Milenial mengatakan mengalami kendala kebingungan dalam menentukan pilihannya di TPS akibat banyaknya kandidat calon yang merupakan efek dari pemilu serentak 5 surat suara sekaligus, (4) Generasi Milenial mengakui menemukan praktek politik uang dan menganggap politik uang sebagai hal yang biasa.

Kata Kunci : generasi milenial, isu pemilih, pemilu serentak 2019, politik uang

Follow and Visit Us
Share it
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM
GOOGLE

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. ExoRank.com berkata:

    Awesome post! Keep up the great work! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.